Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

rpp ipa kelas 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 1 s/d 6
Alokasi Waktu                     : 12 x 40 Menit

Standar Kompetensi
:
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Indikator
:
1.      Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan
2.      Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
3.      Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar dan terinfeksi oleh kuman.
4.      Memelihara kesehatan alat pernapasan
I.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1.       Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan;
2.       Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya;
3.      Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya   menghirup udara tercemar dan terinfeksi oleh kuman;
4.      Memelihara kesehatan alat pernapasan.
II.   Materi Pembelajaran
 Alat pernapasan manusia dan hewan.
III.    Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi.
IV.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengawali pembelajaran dengan salam.
·         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup.
·         Guru menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dengan penekanan pada ciri bernapas.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 1.1 untuk mengetahui gas yang dibutuhkan dan dikeluarkan ketika bernapas.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan gas yang dibutuhkan dan dikeluarkan ketika bernapas.
·         Guru menyebutkan alat pernapasan pada manusia dan hewan di sekitar.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman tentang materi yang baru dijelaskan.
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses pernapasan pada manusia dan hewan.
·         Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang baru dipelajari.
·         Di akhir pembelajaran Guru memberikan tugas rumah, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-2
1.      Kegiatan Awal
·         Dengan tanya jawab guru membahas tugas rumah pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses pernapasan pada manusia.
2.    Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan proses pernapasan pada manusia.
·         Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan untuk mengetahui proses pernapasan pada manusia.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan pernapasan perut dengan pernapasan dada.
·         Dengan tanya jawab guru memberikan pertanyaan penjajakan tentang materi yang baru dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
               3.            Kegiatan Akhir
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perbedaan pernapasan dada dan pernapasan perut.
·         Guru memberikan tugas rumah, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-3
2.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit pada alat pernapasan.
2.   Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab penyakit pada alat pernapasan, misalnya pencemaran udara, merokok, dan terinfeksi kuman.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pengalamannya mengenai penyakit pernapasan yang pernah dialaminya.
·         Guru menjelaskan cara menjaga kesehatan alat pernapasan.
3.        Kegiatan Akhir
·         Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang baru dijelaskan.
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bahayanya penyakit yang dapat menyerang alat pernapasan dan usaha pencegahannya.
Pertemuan Ke-4
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk  menjaga kesehatan alat pernapasan.
·         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alat pernapasan, antara lain menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bahaya rokok.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya makanan bergizi untuk menjaga kesehatan.
·         Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang baru dipelajari.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan alat pernapasan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-5
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat pernapasan hewan yang ada di sekitar.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan alat pernapasan hewan, antara lain paru-paru, insang, kulit, trakea.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang bernapas dengan paru-paru, antara lain mamalia, burung, reptil, dan amfibi.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang bernapas dengan insang, antara lain ikan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang bernapas dengan kulit, antara lain cacing.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang bernapas dengan trakea, antara lain belalang.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan alat pernapasan hewan yang ada di sekitar.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-6
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta alat pernapasan hewan, antara lain mamalia, ikan, burung, reptil, amfibi, serangga, dan cacing.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada mamalia.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada ikan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada burung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada reptil.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada amfibi.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada serangga.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan pernapasan pada cacing.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara bernapas hewan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V.  Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
VI.    Penilaian
·     Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
·     Mengerjakan soal latihan pada halaman 22 – 24.



Mengetahui,                                                         Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                  Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                             WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 7 s/d 12
Alokasi Waktu                     : 12 x 40 Menit

Standar kompetensi                          : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan
                  hewan
Kompetensi Dasar                             : 1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia
                    dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
Indikator                                            : 1. Mengidentifikasi alat pencernaan pada manusia
                                                              2. Membuat daftar beberapa macam penyakit yang
                  Berhubungan dengan pencernaan
  3. Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga
             kesehatan alat pencernaan
  4. Mengidentifikasi makanan bergizi
  5. Membuat daftar menu makanan yang bergizi seimbang
       untuk dirinya
  6. Menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan
            jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh
            sehat
       7. Mempraktikkan cara-cara mengolah bahan makanan
           dengan tetap mempertahankan nilai gizinya
I.           Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.      Mengidentifikasi alat pencernaan pada manusia;
2.      Membuat daftar beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan;
2.      Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan;
3.      Mengidentifikasi makanan bergizi;
4.      Membuat daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya;
5.      Menyimpulkan bahwa makanan bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat;
6.      Mempraktikkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
II.        Materi Pembelajaran
Alat pencernaan makanan dan kesehatan
III.     Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-7               
1.      Kegiatan Awal
·         Guru menyediakan charta alat pencernaan makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat pencernaan makanan, antara lain rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus 12 jari, usus halus,  usus besar, dan anus.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi tiap alat pencernaan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehatan alat pencernaan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi makanan bagi tubuh.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses pencernaan makanan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-8
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta alat pencernaan yang ada di dalam rongga mulut.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat pencernaan yang ada di dalam rongga mulut, antara lain gigi, lidah, dan air ludah.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan gigi anak-anak dan gigi dewasa.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan macam-macam bentuk gigi, antara lain gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tiap bagian lidah, antara lain bagian depan untuk mengecap rasa manis dan bagian belakang untuk mengecap rasa pahit.
·         Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan letak kelenjar ludah.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi air ludah bagi pencernaan makanan.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi gigi, lidah, dan air ludah bagi pencernaan makanan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan ke-9
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, poros usus, dan anus.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan gerak peristaltik yang terjadi di kerongkongan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses pencernaan yang terjadi di lambung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses pencernaan yang terjadi di usus halus.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses pencernaan yang terjadi di usus besar, poros usus, dan anus.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses pencernaan yang terjadi di kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, poros usus, dan anus.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-10
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehatan alat pencernaan.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, antara lain tukak lambung, kolik, sembelit, dan apendisitis.
·         Guru menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan alat pencernaan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehatan alat pencernaan.
·         Guru menjelaskan pentingnya membiasakan makan secara teratur.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan kebiasaan makan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kebersihan makanan, antara lain tidak membeli makanan yang tidak ditutupi.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara menjaga kesehatan alat pencernaan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
Pertemuan Ke-11
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta makanan bergizi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan definisi makanan bergizi, yaitu makanan yang mengandung semua zat yang dibutuhkan tubuh agar dapat tumbuh sehat.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain karbohidrat, lemak, protein, air, mineral, dan vitamin.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi karbohidrat, lemak, protein, air, mineral, dan vitamin bagi tubuh.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi karbohidrat, lemak, protein, air, mineral, dan vitamin bagi tubuh.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-12
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta makanan empat sehat lima sempurna.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan menu makanan sebelum berangkat sekolah.
·         Dengan dipandu guru, siswa mengelompokkan makanan sebagai makanan pokok, lauk, sayur, dan buah.
·         Guru menjelaskan pentingnya minum susu untuk mencukupi kebutuhan gizi.
·         Guru menjelaskan maksud menu makanan empat sehat lima sempurna.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya menu makanan empat sehat lima sempurna.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V.        Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
• Charta alat pencernaan
VI.     Penilaian
·     Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
·     Mengerjakan soal latihan pada halaman 46 – 48.
Mengetahui,                                                         Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                  Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                             WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 13 s/d 17
Alokasi Waktu                     : 10 x 40 Menit

Standar kompetensi              : 1. Menidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar                 : 1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah  
      manusia
Indikator                                : 1. Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui         
      gambar
  2. Mencari informasi tentang penyakit yang memengaruhi  
      alat peredaran darah manusia
  3. Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk
      Menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat   
      peredaran darah
I.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.    mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar;
2.    menyebutkan penyakit yang memengaruhi alat peredaran darah manusia;
3. mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah. 
II. Materi Pembelajaran
Alat peredaran darah manusia
III. Metode Pembelajaran
 Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-13
1.      Kegiaran Awal
·         Guru menyediakan charta alat peredaran darah manusia.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi darah bagi tubuh, yaitu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi darah bagi tubuh, yaitu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-14
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menjelaskan fungsi jantung, yaitu memompa darah sehingga beredar ke seluruh tubuh.
·         Guru menyediakan charta jantung.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian jantung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan peredaran darah besar, yaitu
·         peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-15
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuansebelumnya.
·         Guru menyediakan charta pembuluh darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan macam-macam pembuluh darah, yaitu pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan definisi pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik serta fungsinya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-16
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah, antara lain anemia, hemofilia, dan leukimia.
·         Guru menjelaskan penyebab penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-17
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan cara untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah, antara lain olahraga secara teratur, pola makan teratur, dan menjauhi rokok.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya olahraga secara teratur bagi kesehatan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya pola makan yang teratur.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai halaman 49 – 66
• Charta alat peredaran darah
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
·       Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
·       Mengerjakan soal latihan pada halaman 61 – 66.

Mengetahui,                                                          Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                    Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                              WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 18 s/d 22
Alokasi Waktu                     : 10 x 40 Menit

Standar kompetensi              : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar                 : 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat                              
        makanan
  2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
        pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator                                : 1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat
      Makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari
      dan cahaya lain
  2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan
      makanan
  3. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh
      manusia dan hewan untuk makanannya
  4. Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia
      dan hewan sebagai sumber energi
  5. Memprediksi yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak
      ada tumbuhan hijau
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.      Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain;
2.      Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan;
3.      Menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya;
4.      Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi;
5.      Menyebutkan yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.
II. Materi Pembelajaran
Tumbuhan hijau
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-18
1.                Kegiatan Awal
·           Guru menyediakan charta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di sekitar memperoleh makanan.
2.                Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
·           Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 4.1 untuk mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
·           Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.                Kegiatan Akhir
·           Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-19
1.      Kegiatan Awal
·           Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hasil fotosintesis.
2.      Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan hasil fotosintesis, yaitu karbohidrat dan oksigen.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan karbohidrat dan oksigen bagi kehidupan baik bagi tumbuhan, manusia, maupun hewan.
3.      Kegiatan Akhir
·           Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan hasil fotosintesis bagi kehidupan.

Pertemuan Ke-20
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan tumbuhan, antara lain pada umbi, buah, biji, dan batang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada umbi, misalnya wortel, singkong, bawang merah, dan kentang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, antara lain apel, jeruk, mangga, anggur, dan pisang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, antara lain padi, jagung, dan kedelai.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, antara lain tebu dan sagu.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan di sekitar yang digunakan untuk menyimpan makanan cadangan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-21
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, antara lain sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan umbi-umbian.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sayur-mayur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dibuat sayur, misalnya daun pada bayam, sawi, dan kangkung; bunga pada bunga kol; buah pada terung, kacang panjang, dan labu siam; tunas yang berupa rebung dan tauge.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menghasilkan buah, antara lain jeruk, belimbing, dan pepaya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai jenis kacang yang digunakan sabagai bahan makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan biji-bijian yang digunakan sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain padi dan jagung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kentang dan singkong.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-22
Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi kehidupan di dunia.
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi tumbuhan sebagai sumber oksigen dan sumber energi.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan ketergantungan hewan dan tumbuhan untuk memperoleh energi baik secara langsung maupun tidak langsung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan apa yang akan terjadi jika di dunia tidak ada tumbuhan hijau.
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tumbuhan hijau sebagai sumber oksigen dan sumber energi.

·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
• Charta bagian-bagian tumbuhan
• Alat-alat tulis

VI. Penilaian
·        Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
·        Mengerjakan soal latihan pada halaman 80 – 82.


Mengetahui,                                                          Sumenep, 19 Agustus 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar