Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

rpp matematika kelas 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 13 s/d 17
Alokasi Waktu                     : 10 x 40 Menit

Standar kompetensi              : 1. Menidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi Dasar                 : 1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah  
      manusia
Indikator                                : 1. Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui         
      gambar
  2. Mencari informasi tentang penyakit yang memengaruhi  
      alat peredaran darah manusia
  3. Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk
      Menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat   
      peredaran darah
I.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.    mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar;
2.    menyebutkan penyakit yang memengaruhi alat peredaran darah manusia;
3. mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah. 
II. Materi Pembelajaran
Alat peredaran darah manusia
III. Metode Pembelajaran
 Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-13
1.      Kegiaran Awal
·         Guru menyediakan charta alat peredaran darah manusia.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi darah bagi tubuh, yaitu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi darah bagi tubuh, yaitu mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-14
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menjelaskan fungsi jantung, yaitu memompa darah sehingga beredar ke seluruh tubuh.
·         Guru menyediakan charta jantung.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian jantung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan peredaran darah besar, yaitu
·         peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-15
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuansebelumnya.
·         Guru menyediakan charta pembuluh darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan macam-macam pembuluh darah, yaitu pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan definisi pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik serta fungsinya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-16
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah, antara lain anemia, hemofilia, dan leukimia.
·         Guru menjelaskan penyebab penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-17
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan cara untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah, antara lain olahraga secara teratur, pola makan teratur, dan menjauhi rokok.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya olahraga secara teratur bagi kesehatan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya pola makan yang teratur.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai halaman 49 – 66
• Charta alat peredaran darah
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
·       Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
·       Mengerjakan soal latihan pada halaman 61 – 66.

Mengetahui,                                                          Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                    Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                              WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar