Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

Rpp Matematika Kelas_5_


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 18 s/d 22
Alokasi Waktu                     : 10 x 40 Menit

Standar kompetensi              : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar                 : 2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat                              
        makanan
  2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan
        pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator                                : 1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat
      Makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari
      dan cahaya lain
  2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan
      makanan
  3. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh
      manusia dan hewan untuk makanannya
  4. Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia
      dan hewan sebagai sumber energi
  5. Memprediksi yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak
      ada tumbuhan hijau
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.      Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain;
2.      Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan;
3.      Menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya;
4.      Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi;
5.      Menyebutkan yang akan terjadi apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.
II. Materi Pembelajaran
Tumbuhan hijau
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-18
1.                Kegiatan Awal
·           Guru menyediakan charta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di sekitar memperoleh makanan.
2.                Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
·           Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 4.1 untuk mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
·           Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.                Kegiatan Akhir
·           Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-19
1.      Kegiatan Awal
·           Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hasil fotosintesis.
2.      Kegiatan Inti
·           Guru menjelaskan hasil fotosintesis, yaitu karbohidrat dan oksigen.
·           Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan karbohidrat dan oksigen bagi kehidupan baik bagi tumbuhan, manusia, maupun hewan.
3.      Kegiatan Akhir
·           Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan hasil fotosintesis bagi kehidupan.

Pertemuan Ke-20
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuaan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan tumbuhan, antara lain pada umbi, buah, biji, dan batang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada umbi, misalnya wortel, singkong, bawang merah, dan kentang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, antara lain apel, jeruk, mangga, anggur, dan pisang.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, antara lain padi, jagung, dan kedelai.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, antara lain tebu dan sagu.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan di sekitar yang digunakan untuk menyimpan makanan cadangan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-21
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, antara lain sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan umbi-umbian.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sayur-mayur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dibuat sayur, misalnya daun pada bayam, sawi, dan kangkung; bunga pada bunga kol; buah pada terung, kacang panjang, dan labu siam; tunas yang berupa rebung dan tauge.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang menghasilkan buah, antara lain jeruk, belimbing, dan pepaya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai jenis kacang yang digunakan sabagai bahan makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan biji-bijian yang digunakan sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain padi dan jagung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kentang dan singkong.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-22
Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi kehidupan di dunia.
Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi tumbuhan sebagai sumber oksigen dan sumber energi.
·         Dengan dipandu guru, siswa menceritakan ketergantungan hewan dan tumbuhan untuk memperoleh energi baik secara langsung maupun tidak langsung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan apa yang akan terjadi jika di dunia tidak ada tumbuhan hijau.
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tumbuhan hijau sebagai sumber oksigen dan sumber energi.

·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
• Charta bagian-bagian tumbuhan
• Alat-alat tulis

VI. Penilaian
·        Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
·        Mengerjakan soal latihan pada halaman 80 – 82.


Mengetahui,                                                          Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                    Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                              WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar