RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan :
MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester :
V/I
Pertemuan Ke- :
23 s/d 28
Alokasi Waktu :
12 x 40 Menit
Standar kompetensi : 3. Mengidentifikasi cara makhluk
hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan
lingkungan tertentu
untuk mempertahankan hidup
Indikator : 1. Memberi contoh cara hewan menyesuaikan diri
dengan
lingkungannya untuk memperoleh makanan
dan
melindungi diri dari musuhnya
2. Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa
tumbuhan
untuk melindungi dirinya, misalnya
racun, duri, atau daun
yang tajam
3. Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan
tempat
hidupnya
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.
Menyebutkan
contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh
makanan dan melindungi diri dari musuhnya;
2.
Menjelaskan
ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya racun,
duri, atau daun yang tajam;
3.
Menyebutkan
hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat hidupnya.
II. Materi Pembelajaran
Penyesuaian
diri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
Informasi,
pemberian tugas, demonstrasi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-23
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh
makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan
untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 5.1 untuk mengetahui tempat hidup
makhluk hidup.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan
lingkungan hidupnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan yang akan dialami makhluk hidup yang tidak
mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup
dengan lingkungan hidupnya.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberikan tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan
Ke-24
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk memperoleh makanan, antara
lain penyesuaian diri pada burung, unta, kupu-kupu, lebah, nyamuk, singa,
gajah, dan beruang.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada burung untuk
memperoleh makanan, antara lain adanya beraneka macam bentuk paruh dan kaki
burung.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada unta untuk
memperoleh makanan, antara lain punuk unta banyak mengandung lemak sehingga
dapat menyuplai tenaga ketika tidak makan selama beberapa hari.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kupu-kupu, lebah,
dan nyamuk untuk memperoleh makanan, antara lain bentuk mulut pengisap pada
kupu-kupu, bentuk mulut penjilat berlidah panjang pada lebah, dan bentuk mulut
penusuk dan pengisap pada nyamuk.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada singa untuk
memperoleh makanan, antara lain singa berkuku dan bertaring tajam.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada gajah untuk
memperoleh makanan.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan penyesuaian diri pada beruang untuk memperoleh
makanan.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan
untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup
dengan lingkungan hidupnya.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan
Ke-25
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk melindungi diri dari
musuhnya.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada bunglon untuk
menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kucing, harimau,
dan singa untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada sapi, kambing, dan
kerbau untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada lebah dan
kalajengking untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada cecak dan kadal
untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada ular untuk
menyelamatkan diri dari musuhnya.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan untuk
menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan
Ke-26
1.
Kegiatan Awal
·
Guru mengingatkan
kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan untuk memperoleh makanan.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan air untuk
memperoleh makanan.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan darat
untuk memperoleh makanan.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan tanah
kering untuk memperoleh makanan.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan
untuk memperoleh makanan.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan
Ke-27
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan untuk menyelamatkan diri dari
musuhnya.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan duri,
antara lain mawar.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan getah,
antara lain nangka, pepaya, dan mangga.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu
halus, antara lain tunas bambu.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan racun,
antara lain jarak dan kecubung.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan daun
tajam, antara lain nanas.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan
untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan
Ke-28
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyediakan charta tumbuhan yang hidup di air dan tanah kering.
2.
Kegiatan Inti
·
Dengan
dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 5.2 untuk mengetahui ciri-ciri
tumbuhan yang hidup di air dan tanah kering.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang hidup di air, antara
lain teratai dan eceng gondok.
·
Dengan
dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang hidup di tanah kering,
antara lain kaktus.
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru
menyimpulkan dengan cara menjelaskan hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan
tempat hidupnya.
·
Guru
membimbing siswa membuat rangkuman.
·
Guru
memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela
IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
• Charta
penyesuaian pada hewan dan tumbuhan
•
Alat-alat tulis
VI. Penilaian
1.
Keaktifan
dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
2.
Mengerjakan
soal latihan pada halaman 94 – 104.
Mengetahui, Sumenep,
19 Agustus 2008
Kepala
MI. Nurul Huda II Guru
Ilmu Pengetahuan Alam
KH. SULAIMAN FADLIE WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar