Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

Rpp Matematika Kelas_5--

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Satuan Pendidikan               : MI. Nurul Huda II Tambaksari
Mata Pelajaran                     : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                     : V/I
Pertemuan Ke-                     : 23 s/d 28
Alokasi Waktu                     : 12 x 40 Menit

Standar kompetensi              : 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri
      dengan lingkungan
Kompetensi Dasar                 : 3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan
        lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
  3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan
        lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
Indikator                                : 1.   Memberi contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan
        lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
         melindungi diri dari musuhnya
  2.   Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan
        untuk melindungi dirinya, misalnya racun, duri, atau daun
        yang tajam
  3.   Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat
         hidupnya
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1.      Menyebutkan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya;
2.      Menjelaskan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya racun, duri, atau daun yang tajam;
3.      Menyebutkan hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat hidupnya.
II. Materi Pembelajaran
Penyesuaian diri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-23
1.      Kegiatan Awal
·         Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 5.1 untuk mengetahui tempat hidup makhluk hidup.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan yang akan dialami makhluk hidup yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-24
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk memperoleh makanan, antara lain penyesuaian diri pada burung, unta, kupu-kupu, lebah, nyamuk, singa, gajah, dan beruang.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada burung untuk memperoleh makanan, antara lain adanya beraneka macam bentuk paruh dan kaki burung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada unta untuk memperoleh makanan, antara lain punuk unta banyak mengandung lemak sehingga dapat menyuplai tenaga ketika tidak makan selama beberapa hari.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kupu-kupu, lebah, dan nyamuk untuk memperoleh makanan, antara lain bentuk mulut pengisap pada kupu-kupu, bentuk mulut penjilat berlidah panjang pada lebah, dan bentuk mulut penusuk dan pengisap pada nyamuk.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada singa untuk memperoleh makanan, antara lain singa berkuku dan bertaring tajam.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada gajah untuk memperoleh makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyesuaian diri pada beruang untuk memperoleh makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan dan tumbuhan untuk memperoleh makanan dan menyelamatkan diri dari musuhnya.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-25
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada hewan untuk melindungi diri dari musuhnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada bunglon untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada kucing, harimau, dan singa untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada sapi, kambing, dan kerbau untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada lebah dan kalajengking untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada cecak dan kadal untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada ular untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada hewan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-26
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan untuk memperoleh makanan.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan air untuk memperoleh makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan darat untuk memperoleh makanan.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan tanah kering untuk memperoleh makanan.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk memperoleh makanan.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-27
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta penyesuaian diri pada tumbuhan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan duri, antara lain mawar.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan getah, antara lain nangka, pepaya, dan mangga.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu halus, antara lain tunas bambu.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan racun, antara lain jarak dan kecubung.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tumbuhan yang melindungi diri dengan daun tajam, antara lain nanas.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
Pertemuan Ke-28
1.      Kegiatan Awal
·         Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyediakan charta tumbuhan yang hidup di air dan tanah kering.
2.      Kegiatan Inti
·         Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 5.2 untuk mengetahui ciri-ciri tumbuhan yang hidup di air dan tanah kering.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang hidup di air, antara lain teratai dan eceng gondok.
·         Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan yang hidup di tanah kering, antara lain kaktus.
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan hubungan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat hidupnya.
·         Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
·         Guru memberiakn tugas rumah diakhir pembelajaran, 3-5 soal.
V. Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 5A terbitan PT Tiga Serangkai
• Charta penyesuaian pada hewan dan tumbuhan
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
1.      Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku.
2.      Mengerjakan soal latihan pada halaman 94 – 104.


Mengetahui,                                                           Sumenep, 19 Agustus 2008
Kepala MI. Nurul Huda II                                    Guru Ilmu Pengetahuan Alam



KH. SULAIMAN FADLIE                               WIWIT FITRIANI WIDIASTUTIK, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar